Tips-Liburan-di-Museum

Tips Liburan di Museum: Simple tapi Seru

Tips-Liburan-di-Museum

Pernah nggak kamu liburan di museum? Museum bisa jadi alternatif asik untuk menghabiskan akhir pekan atau liburan sekolah, lho. Di Indonesia, pemerintah memastikan tiap daerah punya museum. Jadi, kalau di kotamu atau kamu lagi jalan jalan ke kota yang nggak ada mall untuk main, kamu bisa cari museum. 

Masalahnya, gak semua museum menyenangkan. Seringkali kita harus mengakalinya dengan aktivitas tertentu biar jalan-jalan di museum bisa jadi asik! Ini 5 tips dari Muzer biar liburan di museum jadi seru abis! 

Bikini itinerary, meski cuma liburan di museum!

Mau kemanapun jalannya, bikin perencanaan atau itinerary itu penting. Kamu bisa cari tau kira-kira museumnya punya berapa ruangan dan berapa koleksi, jadi bisa mengira-ngira akan menghabiskan waktu berapa banyak. Kalau kamu berkunjung ke Museum Layang-layang, misalnya, kamu bisa membuat perencanaan berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk lihat-lihat layang-layang dan untuk membuat layang-layang. Belum lagi kalau di hari kedatangan kamu, museum itu kebetulan sedang ada acara. 

Lebih bagus lagi kalo kamu tau berapa lama waktu yang dihabiskan di perjalanan, apa moda transportasi yang kamu gunakan, mau makan dimana setelah keliling museum, pokoknya semua aktivitas yang berkaitan dengan kunjunganmu ke museum, deh.

Ketahui temanya! 

Sebelum dateng, googling dulu apa tema museumnya. Jadi, kamu punya bayangan bakal liat hal menarik apa aja di museum itu. Lebih bagus lagi kalau kamu punya pertanyaan-pertanyaan, yang nanti kalau sudah sampai di museum, bisa ditanyakan ke pemandu museum. Dia pasti akan senang menjelaskan! Selain itu, cari tau tentang tema museum sebelum kunjungan bikin kamu gak gampang lupa dengan informasi yang kamu dapatkan pas udah di sana. 

Harus proaktif kalo liburan di museum! 

Jadi-Proaktif-di-Museum

Seringkali pihak musem pasif banget dalam melayani pengunjung, berbeda kalau kita berkunjung ke rumah makan besar, dimana kita dihampiri berkali-kali, mulai dari disapa saat membuka pintu depan, ditawari menu, diantarkan hidangan. Kalau di museum, seringkali harus kita yang bertanya apakah ada fasilitas pemandu atau tidak, kemudian kalau kita bingung sama suatu koleksi, kita juga harus tanya. Tidak harus ke pemandu, bisa ke siapapun yang bertugas di museum saat itu. 

Jadi, alangkah baiknya kalau kamu pro aktif dengan mencoba mengaitkan satu koleksi dengan koleksi lainnya saat sedang liburan di museum. Biasanya, koleksi-koleksi diletakkan di satu ruangan yang sama itu punya konteks atau cerita yang berkaitan. Jadi kayak main misteri dan petualangan, deh. Bisakah kamu menemukan teka-tekinya? 

Berpikir seperti petualang! 

Berpikir-seperti-Petualang-di-Museum

Museum biasanya dipenuhi oleh peninggalan bersejarah, yang pastinya banyak misteri untuk dipecahkan! Nah, kalau kamu udah mengetahui tema museumkamu bisa menikmati koleksi museum itu dengan banyak pertanyaan. Jangan lupa ajak ngobrol pemandu atau petugas museum, biasanya mereka sudah khatam dengan misteri itu! 

Jadi interaktif dengan unduh buku petualang Muzer!

 

Buku-Petualang-Interaktif

Nah, kalau kamu nggak sempet cari tau tentang museum atau kamu tidak menemukan pemandu untuk liburan di museum, kamu bisa unduh gratis dan cetak buku petualang Muzer untuk dibawa bersama kunjungan museum kamu. Dengan buku petualang, kamu bisa dapet informasi banyak dan seru tentang museum, sekaligus jadi petualang museum betulan! 

Sumber ilustrasi: Unsplash