Museum Seni Rupa dan Keramik - sumber Jakarta Tourism Forum

7 Museum yang Gampang Diakses Transportasi Umum

Meski nggak punya kendaraan, kamu juga bisa tetap jalan-jalan loh! Apalagi kalau kamu tinggal di Jakarta dan sekitarnya, ada banyak transportasi umum ke museum yang bisa kamu pakai. Mulai dari kereta listrik (commuter line), transjakarta, MRT, dan angkot Jaklingko. Tenang saja, transportasi-transportasi itu sebagian besar sudah saling terintegrasi dan punya fasilitas yang aman dan nyaman buat perjalanan kamu. Jangan lupa, naik transportasi umum jauh lebih ramah lingkungan daripada pakai transportasi pribadi. Jadi, kamu tidak menghasilkan polusi sekaligus meminimalisir jejak karbon.

Inilah daftar 10 museum yang gampang diakses transportasi umum di Jakarta.

Museum Seni Rupa Keramik

Museum Seni Rupa dan Keramik - sumber Jakarta Tourism Forum
Halaman depan Museum Seni Rupa Keramik

Lokasi: Jl. Pos Kota No.2, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat

Stasiun kereta terdekat: Stasiun Jakarta Kota, jalan kaki 350 m

Transjakarta terdekat: Halte Stasiun Kota, jalan kaki 450 m

Halte Citytour Jakarta: Halte BNI 46

Museum Seni Rupa Keramik berada di Kawasan Kota Tua, Jakarta Utara. Bangunannya besar, khas peninggalan Belanda. Tamannya juga besar. Asyik untuk berteduh, bersantai, maupun foto-foto. Museum ini sendiri menyajikan aneka koleksi terkait dengan perkembangan seni rupa di Indonesia. Ada aneka lukisan, keramik, dan bentuk seni rupa lainnya yang bikin kita jadi tahu gimana perkembangan seni di Indonesia. Nggak cuma itu, museum ini juga kerap mengadakan kegiatan seni buat anak-anak tiap akhir pekan. Oh iya, setelah berkunjung ke museum ini, kamu juga bisa berkunjung ke museum-museum lainnya di kawasan Kota Tua!

Museum Sejarah Jakarta (Museum Fatahilah)

Halaman Depan Museum Sejarah Jakarta - Kompas
Halaman depan Museum Sejarah Jakarta

Lokasi:  Jl. Taman Fatahillah No. 1, Jakarta Pusat

Stasiun kereta terdekat: Stasiun Jakarta Kota, jalan kaki 350 m

Transjakarta terdekat: Halte Stasiun Kota, jalan kaki 450 m

Halte Citytour Jakarta: BNI 46, jalan kaki 450 m

Jangan kaget karena ada penjara di museum ini ya! Soalnya, dulu Museum Sejarah Jakarta ini digunakan sebagai dewan pengadilan pada zaman Belanda. Jadi, masih ada sisa penjara yang digunakan untuk menghukum orang-orang yang dianggap tidak patuh pada hukum Belanda. Selain itu, museum ini sarat dengan koleksi yang berkaitan dengan Jakarta. Koleksinya sangat variatif, mulai dari alat zaman prasejarah sampai lukisan dan mebel tahun 1900-an. Berkeliling di museum ini  membuat kita paham betapa panjang dan uniknya sejarah Jakarta.

 Museum Wayang

Bagian Wayang Kulit - ensiklopediaindonesia
Wayang Kulit di Museum Wayang

Lokasi:  Jalan Pintu Besar Utara No.27 Pinangsia, Jakarta Barat

Stasiun kereta terdekat: Stasiun Jakarta Kota, jalan kaki 400 m

Transjakarta terdekat: Halte Stasiun Kota, jalan kaki 500 m

Halte Citytour Jakarta: BNI 46, jalan kaki 500 m

Museum Wayang ini tidak megah tapi memuat banyak jenis wayang. Bukan cuma wayang Jawa loh, tapi aneka benda yang punya konsep serupa wayang, yang ada di seantero Indonesia. Seperti ondel-ondel! Kita jadi tau bahwa banyak suku di Indonesia yang cara bercerita unik melalui wayang-nya masing-masing. Nggak jauh beda dengan bercerita dengan panggung boneka!

Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia - sumber bi.go.id
Museum Bank Indonesia Tampak Atas

Lokasi: Jalan Lada 3, RT.3/RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat

Stasiun kereta terdekat: Stasiun Jakarta Kota, menyebrang melalui terowongan 200-300 m

Transjakarta terdekat: Museum BI

Halte Citytour Jakarta: Museum BI

Museum Bank Indonesia berada tidak jauh dari alun-alun Kota Tua. Beda dengan tiga museum sebelumnya. Kalau kamu turun kereta, kamu harus menyebrang melalui terowongan bawah tanah (yang ramai oleh banyak kios aneka jajanan. Menariknya, museum yang menyajikan sejarah dan peran Bank Indonesia ini punya display yang menarik. Displaynya dikemas modern dengan teknologi multimedia seperti display elektronik, panel statik, televisi plasma, dan diorama. Keliling museum ini dijamin gak bosen, karena pengalaman yang disajikan berbeda dari satu ruangan ke ruangan lain. Selain itu, gedung Museum BI ini adalah bekas bank Hindia Belanda, loh.

Museum Bank Mandiri

Museum Mandiri - sumber portonews
Kondisi Loket di Museum Bank Mandiri

Lokasi: Jl. Lapangan Stasiun No.1, RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat

Stasiun kereta terdekat: Stasiun Jakarta Kota, menyebrang melalui terowongan 200-300 m

Transjakarta terdekat: Museum BI

Halte Citytour Jakarta: Museum BI

Bank Mandiri adalah salah satu bank yang berdiri di awal kemerdekaan Indonesia. Museum Bank Mandiri ini menggunakan bangunan Belanda bekas perusahaan dagang Belanda ini membahas serba-serbi Bank Mandiri tersebut. Mulai dari display loket bank yang bikin kita jadi tahu gimana keadaan bank zaman dahulu, sampai ruang brankas di bawah tanah. Barang-barang koleksi perbankan di museum ini juga seru! Karena, kita bisa melihat gimana bank zaman dulu beroperasi–yang tentu sangat berbeda dengan zaman sekarang.

Museum Tekstil

Museum Tekstil - sumber Manual Jakarta
Display aneka kain batik di Museum Tekstil

Lokasi: Jalan K.S. Tubun / Petamburan No. 4 Tanah Abang, Jakarta Barat

Stasiun kereta terdekat: Stasiun Tanah Abang, jalan 300 m

Bus terdekat: Stasiun Tanah Abang (ada JakLingko)

Di Museum Tekstil, kita bisa melakukan banyak hal, nggak cuma menikmati koleksi museum aja. Museum ini punya dua taman besar yang sangat cantik, satu lapangan luas, dan satu bangunan khusus untuk aktivitas membatik. Iya, kamu bisa langsung membatik di museum ini dan membawa pulang hasilnya. Jadi punya kenang-kenangan setelah main di museum, deh. Transportasi umum ke museum ini juga beragam, mulai dari aneka bus dan angkot yang melewati rute Tanah Abang yang memang ramai.

Museum Maritim

Museum Maritim - sumber Kompas Travel

Lokasi: Jl. Ps. Ikan No.1, RT.11, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara

Stasiun kereta terdekat: Stasiun Tj. Priok, jalan 350 m

Transjakarta terdekat: Halte Tj. Priok, jalan 400 m

Museum ini relatif baru, baru dibuka akhir 2018 kemarin. Jadi, aneka instalasinya masih kinclong! Nggak cuma itu, tata pamernya juga modern banget, ditampilkan dengan desain yang interaktif. Di museum ini kita akan melihat foto-foto lama pelabuhan, diorama, video pelabuhan, film dokumenter, simulasi kapal tunda, miniatur crane, kapal uap dan banyak lagi. Dengan ruangan yang berpendingin, kamu nggak bakal merasa kepanasan, meskipun museum ini terletak di Priok, salah satu daerah paling terik di Jakarta. Justru, letaknya yang dekat tepi laut membuat kamu bisa melihat langsung proses bongkar muat barang dari kapal! Kamu bisa melihatnya dari jendela lantai dua. Makin cocok kalau kamu memang punya ketertarikan di soal laut, kapal, atau hal-hal terkait maritim lainnya.


Nah, itu 7 dari banyak museum yang gampang diakses transportasi umum di Jakarta. Ternyata, transportasi umum ke museum-museum di Jakarta itu ada banyak dan gampang ya. Kalau kamu mau jalan-jalan ke sana, kamu bisa unduh gratis dan cetak buku petualang Muzer untuk dibawa bersama kunjungan museum kamu. Dengan buku petualang, kamu bisa dapet informasi banyak dan seru tentang museum, sekaligus jadi petualang museum betulan! 


Sumber ilustrasi: berbagai sumber

Baca juga:

Leave a Comment