Bagian Depan Museum Wayang - Detik

Museum Wayang: Bicara Wayang Indonesia, Bukan Wayang Jawa

Bagian Depan Museum Wayang - Detik

Wayang adalah salah satu budaya Indonesia yang sudah terdaftar di UNESCO. Nah, Museum Wayang ini bisa bantu kita eksplor banyak hal mengenai budaya asli Indonesia ini.

Museum ini sudah ada sejak 1975, berdiri di bekas reruntuhan Gereja Lama Belanda. Karena ini bekas Gereja, kamu bisa menemukan koleksi nisan cantik orang Belanda di dalamnya. Gedung museum terletak di Jalan Pintu Besar Utara No.27 Pinangsia, RT.3/RW.6, Kawasan Kota Tua, Jakarta. Wah, ini mudah dijangkau baik oleh Transjakarta atau KRL. Kalau naik kendaraan pribadi, ada lokasi parkir juga di Jln. Cengkeh, tidak jauh dari Kawasan Kota Tua.

Dengan jam buka pukul 9.00 – 15.00 tiap Selasa- Minggu, kamu bisa masuk museum dengan membeli tiket seharga Rp5.000,- untuk dewasa, Rp3.000 untuk mahasiswa dan pelajar, dan Rp2.000 untuk anak-anak.

Wayang bukan Cuma Milik Jawa

Bagian Wayang Kulit - ensiklopediaindonesia
Wayang Kulit di Museum Wayang

Persepsi umum bilang kalau wayang itu budaya Jawa. Masa sih?

Nah, di Museum Wayang, kamu bisa mendapatkan jawabannya. Museum ini menampilkan aneka wayang dari seluruh penjuru Nusantara. Umumnya, kalau ingat wayang, orang akan teringat wayang kulit atau wayang golek. Tapi tahukah kamu ada banyak sekali wayang di luar itu? Ada wayang yang berasal dari suku Batak, Betawi, dan suku-suku lain. Tentu saja mereka punya istilah lain selain wayang, tapi konsepnya tetap serupa dengan wayang. Misalnya, gale-gale dari Sumatra Utara memiliki bentuk seperti boneka besar, dan Ondel-ondel Betawi yang dulunya digunakan sebagai penolak bala. Ada pula boneka tangan populer Nusantara: si Unyil. Lebih dari itu, masih banyak lagi jenis wayang yang dipajang di museum ini. Seru banget buat melihat keragaman, deh!

Banyak Program Museum Wayang untuk Anak

Rombongan Sekolah - St Caroline
Kunjungan St Caroline. Sumber: web St. Caroline

Yang paling asyik dari museum ini adalah: banyak program buat anak-anak! Kalau kamu datang dalam rombongan, kamu bisa minta pelatihan membuat wayang. Wah, asyik banget buat jadi kenang-kenangan. Biasanya, bahan yang digunakan adalah janur alias daun kelapa muda.

Museum Wayang Boneka Workshop Wayang - Kompas
Wayang dari Janur

Selain bikin wayang, sering ada pertunjukan wayang di akhir pekan. Seru deh, nonton pertunjukan tradisional dan cerita rakyat yang memang dibawakan buat anak-anak. Tahukah kamu kalau pertunjukan wayang merupakan mendongeng dengan cara yang unik?

Perhatikan Kebersihan

Museum Wayang Boneka Si Unyil - Kompas

Museum ini punya tata ruang yang panjang dan sempit di beberapa lorong tertentu. Kalau datang dalam rombongan besar (lebih dari 5 orang), jangan bergerombol sampai memblokir jalanan ya. Nanti pengunjung lain jadi tidak nyaman berkeliling di museum. Selain itu, banyak koleksi yang agak berdebu. Kalau kamu termasuk orang yang sensitif terhadap debu, sebaiknya pakai masker dan baju lengan panjang. Tapi ini tidak mengurangi keseruan keliling Museum Wayang kok!

Baca juga: Cerita Museum Lainnya

Nah, itu sedikit tentang Museum Wayang. Kamu bisa main ke sana ditemani Muzer loh. Nanti Muzer buatkan program yang asyik biar jalan-jalanmu ke ini jadi seru abis! 

Sumber gambar: berbagai sumber

5 thoughts on “Museum Wayang: Bicara Wayang Indonesia, Bukan Wayang Jawa”

Leave a Comment