Augmented Reality Museum

Museum Virtual, Kemudahan Akses di Masa Pandemi

Ilustrasi Virtual Museum

Sejak Maret 2020, hampir semua museum di seluruh dunia tutup untuk mencegah penyebaran Covid-19, termasuk museum-museum di Indonesia. Lalu, gimana dong? Museum kan tempat wisata, yang sehari-hari sibuk melayani orang-orang yang datang ke sana. Kalau tidak ada yang datang, lalu bagaimana?

Tentu saja, gantian jadi museumnya yang mendatangi pengunjung! 

Alias museumnya yang jemput bola. Dengan apa? Masing-masing museum punya cara yang beda ‘mendatangi’ pengunjung mereka, tapi salah satu cara yang paling populer adalah membuat museum virtual

Museum Virtual, jadinya kayak gimana tuh?

Tentu saja, pelayanan museum yang biasanya kita nikmati langsung, diubah menjadi digital. Layanan seperti pameran, program publik, dan informasi museum diharuskan bisa diakses secara digital. Lebih jauh lagi, banyak museum membuat virtual tour, sehingga orang-orang bisa berkeliling di tanpa perlu keluar rumah dan khawatir akan pandemi.

Memangnya Bisa?

Pengalaman keliling museum kan khas banget, emangnya bisa diganti jadi virtual? Gimana caranya, jalan-jalan ke museum jadi cuma di depan layar? 

Nah, ini salah satu tantangan penting buat berbagai tempat wisata, termasuk museum, agar tetap bisa hadir untuk masyarakat. Kalau untuk museum yang bisa diakses online, museum harus punya strategi tepat untuk menyajikan museum lewat layar sekaligus menghadirkan pengalaman yang mengesankan dan asyik kepada pengguna. 

Apa untungnya?

Menjangkau museum dari rumah

Dengan adanya museum yang ikutan melayani dengan online, museum jadi mudah diakses buat siapa aja! Kamu bisa keliling museum di seluruh dunia tanpa menghabiskan waktu dan ongkos perjalanan. Kamu cuma perlu gawai dan koneksi internet, dan cukup akses website atau aplikasi yang disediakan museum. Sudah deh, kamu bisa keliling di museum–lewat layar!

Asyiknya, dengan adanya museum online seperti ini, tidak ada lagi hambatan ke museum karena sulit akses atau nggak punya waktu. Karena sudah bisa diakses online, museum tidak terbatas oleh akses transportasi dan jam buka lagi. 

Kalau mau coba, kamu bisa bareng Muzer cobain museum virtual! Muzer menyediakan virtual tour museum, baik untuk pribadi atau ramai-ramai (seperti sekolah, kantor, atau komunitas). Psst, kamu bisa coba gratis, cukup dengan share postingan Muzer di Instastory!


Sumber ilustrasi: Unsplash, Pexels

Baca juga:

1 thought on “Museum Virtual, Kemudahan Akses di Masa Pandemi”

Leave a Comment