Museum Nasional Museum Ramah Anak

5 Museum Ramah Anak di Jakarta

Di Jakarta, banyak sekali museum, mulai dari yang punya pemerintah maupun punya swasta. Beberapa di antara museum-museum itu ramah anak loh! Mereka punya tempat khusus buat main anak-anak, yang pastinya seru dan bikin betah! Ini 5 Museum Ramah Anak di Jakarta.

Museum Nasional, Jakarta Pusat

Museum Nasional Museum Ramah Anak
Kids Corner Museum Nasional

Museum Nasional punya Kids Corner yang relatif besar. Nggak Cuma itu, Kids Cornernya aktif, loh! Gak cuma itu, tapi seringkali tiap akhir pekan, Museum Nasional punya event buat anak-anak. Yang paling sering sih, pertunjukan dongeng dari Teater Koma. Terus, salah satu pagelaran dongeng  terbesar se-Indonesia, FDII, Festival Dongeng Internasional Indonesia, dihelat di sini pada 2019 lalu.

Museum Bank Indonesia, Jakarta Barat

Museum Bank Indonesia - sumber bi.go.id
Tampak depan Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia dulunya memang berfungsi sebagai bank. Sekarang, bangunan ini sudah jadi museum yang penuh dengan aneka instalasi interaktif. Mulai dari Ruang Teater hingga simulasi menangkap koin. Yang pastinya asyik sekali untuk anak-anak berkeliling. Benar-benar belajar soal keuangan dengan cara yang menyenangkan, jadi tidak hanya baca label koleksi. Selain itu, museum ini juga punya taman yang besar, dan kolam ikan di masjid di halaman belakang. Habis keliling-keliling, jadi ada tempat yang tepat untuk bersantai!

Museum Polri, Jakarta Selatan

Museum Polri Museum Ramah Anak
Kids Corner Museum Polri

Museum Polri ini sangat nyaman karena fasilitasnya oke banget. Bersih, rapi, sejuk, dan yang terpenting, Kids Cornernya bagus banget! Meski tidak sebesar Kids Corner milik Museum Nasional, Kids Corner Museum Polri ini sangat interaktif dan lengkap! Ada permainan menangkap penjahat yang terdiri dari kuis-kuis warna-warni di dinding dan beberapa alat peraga. Selain itu, banyak buku dan permainan papan juga! Tidak lupa, ada meja melingkar dan bangku empuk untuk orang tua yang menunggu.

Museum Satria Mandala, Jakarta Selatan

Museum Satria Mandala Museum Ramah Anak
Kendaraan perang di Museum Satria Mandala

Museumnya luas, cocok banget buat yang kamu yang aktif atau kamu yang datang sama rombongan, baik itu dengan rombongan keluarga maupun sekolah! Semua ruangan, mulai dari halaman, ruang display, ruang persenjataan, sampai halaman belakang, seluruh tempat bisa membebaskan kamu yang suka gerak alias biasa lari-larian. Asal, tetap harus hati-hati, jangan gaduh dan merusak koleksi ya! Psst, beberapa koleksi senjata dan kendaraan perang bisa disentuh maupun dinaiki oleh anak-anak.

Baca juga: Tips Liburan di Museum

Museum Maritim, Jakarta Utara

Museum Maritim - sumber Kompas Travel

Museum ini relatif baru, baru dibuka akhir 2018 kemarin. Jadi, aneka instalasinya masih kinclong! Nggak cuma itu, tata pamernya juga modern banget, ditampilkan dengan desain yang interaktif. Dengan ruangan yang berpendingin, kamu nggak bakal merasa kepanasan, meskipun museum ini terletak di Priok, salah satu daerah paling terik di Jakarta. Justru, letaknya yang dekat tepi laut membuat kamu bisa melihat langsung proses bongkar muat barang dari kapal! Kamu bisa melihatnya dari jendela lantai dua. Makin cocok kalau kamu memang punya ketertarikan di soal laut, kapal, atau hal-hal terkait maritim lainnya.


Nah, itu 5 dari banyak museum ramah anak di Jakarta. Kalau kamu mau jalan-jalan ke sana, kamu bisa unduh gratis dan cetak buku petualang Muzer untuk dibawa bersama kunjungan museum kamu. Dengan buku petualang, kamu bisa dapet informasi banyak dan seru tentang museum, sekaligus jadi petualang museum betulan!

Sumber ilustrasi: Unsplash

2 thoughts on “5 Museum Ramah Anak di Jakarta”

Leave a Comment