Halaman Depan Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia: Representasi Nusantara

Kamu pernah dengar Museum Nasional Indonesia? Ini adalah museum tertua dan terbesar di Asia Tenggara loh! Terletak di pusat ibukota, tepatnya di Medan Merdeka Barat 12, Jakarta Pusat. Jadi, tempat ini mudah dijangkau baik oleh transportasi umum maupun pribadi. Di samping itu, karena namanya Museum Nasional, isinya lengkap menyoal identitas budaya Indonesia. Jadi banyak yang bisa dilihat kalau datang ke sini!

Taman Arca Museum Nasional
Area Arca

Museum ini buka pada Selasa – Jumat: 08.00 WIB – 16.00 WIB dan Sabtu dan Minggu: 08.00 WIB – 17.00 WIB. Dengan jam buka seperti itu, kamu bisa berkunjung di hari biasa maupun akhir pekan, asal jangan kesorean ya!

Nah, sekarang coba kita tengok serba-serbinya!

Museum Nasional itu Representasi Nusantara

Ikon Museum Nasional Nyoman Nuarta
Ikon Museum Nasional

Wah, apa maksudnya? Apakah dengan berkunjung ke sini kita jadi bisa tahu serba-serbi Nusantara?

Karena koleksi Musem Nasional sangat beragam secara geografis maupun historis. Maksudnya, koleksinya ini mencakup semua daerah di Indonesia, mulai dari Aceh sampai Papua; juga mencakup lintas zaman, mulai dari masa prasejarah, kerajaan Hindu-Buddha, masa kesultanan, penjajahan Belanda, hingga masa pasca kemerdekaan. Keragaman yang lengkap inilah yang membuat Museum Nasional bisa menjadi representasi Nusantara.

Museum Nasional Indonesia ini juga kerap disebut Museum Gajah. Apakah karena gedugnya besar? Wah, bukan, dong. Sebutan Museum Gajah datang dari patung gajah di depan gedung. Patung ini merupakan pemberian Raja Siam (sekarang Thailand), dalam kunjungannya ke Hindia Belanda pada 1896 (sumber: Historia). Seiring waktu, patung yang diletakkan di kolam depan melebur bersama identitas Museum Nasional itu sendiri.

Di dalam Museum Nasional

Gedung Baru Museum Nasional 2

Ada apa aja sih di dalam Museum Nasional Indonesia?

Banyak sekali! Kalau bicara koleksi, ada arca kuno, prasasti, benda-benda kuno lainnya dan barang-barang kerajinan. Nah, koleksi-koleksi itu dibagi jadi bermacam kategori berdasarkan areanya. Ada kategori etnografi, perunggu, prasejarah, keramik, tekstil, numismatik, relik sejarah, buku langka dan benda berharga (sumber: Museum Nasional). Banyak ya yang bisa kita eksplor?

Artefak menarik yang dipajang di sana bermacam-macam. Beberapa di antaranya adalah arca Bhairawa, prasasti Ciaruteun (replika), dan perahu Asmat. Arca Bhairawa dibawa jauh-jauh dari Sumatra Barat dan berdiri tegak sebagai arca paling besar di taman arca. Prasatri Ciareuteun dengan tapak kaki sang Raja dipajang di tengah ruangan gedung baru. Perahu Asmat atau perahu lesung . Itu baru tiga koleksi, belum ribuan lainnya.

Kira-kira, kamu paling tertarik eksplor yang mana?

Fasilitas Museum Nasional

Museum Nasional Museum Ramah Anak
Kids Corner

Museum ini punya dua gedung besar yang berisi artefak-artefak tadi. Bukan cuma itu, mereka juga punya Kids Corner yang relatif besar. Kids Corner ini juga aktif loh, berperan sebagai ruang edukasi bagi anak PAUD sampai kelas 4. Di akhir pekan juga sering ada acara menarik, loh.

Selain untuk anak, Museum Nasional Indonesia juga punya program publik buat berbagai kalangan lain. Buat pelajar, ada Lomba Cerdas Cermat, Museum Keliling, Penyuluhan dan Bioskop Keliling, praktik kerja, pemanduan daring, dan EduKids. Buat masyarakat umum, ada Akhir Pekan di Museum, Family Fun Day, Night at the Museum, dan lainnya. Gak cuma itu, ada juga buat lansia loh! Misalnya pemanduan secara langsung dengan menggunakan cara khusus (sumber: web resmi).

Nah, selama masa pencegahan penyebaran Covid-19, Museum Nasional tutup, dan menyediakan virtual tour. Jadi, masyarakat yang tetap bisa mengakses informasi. Kamu tetep bisa main ke sini meski cuma dari rumah. Yang penting, aman!

Yang Bisa Kamu Lakukan

Taman Arca Museum Nasional

Di hari biasa, Museum Nasional relatif sepi. Jadi, cocok banget buat kamu yang ingin menikmati suasana hening. Kalau ajak keluarga atau teman juga oke banget. Berkeliling bakal kondusif karena nggak ramai. Berbeda dengan akhir pekan, dimana biasanya ada acara untuk umum atau kunjungan rombongan. Kalau kamu berkunjung di akhir pekan, kamu bisa sekaligus mengikuti acara-acara itu.

Banyak hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan di sini. Apalagi kalau kamu berminat dengan sejarah, budaya, arkeologi, dan sejenisnya. Muzer punya tips di sini buat bikin liburan di museum jadi seru!

Nah, itu sekilas tentang Museum Nasional Indonesia. Masih banyak museum lain yang punya cerita menarik! Baca ya!

Sumber foto: berbagai sumber

4 thoughts on “Museum Nasional Indonesia: Representasi Nusantara”

Leave a Comment