Kegiatan anak di luar ruangan 2 - Pexels

Acara Museum: Serunya Main, Belajar, dan Eksplor Sekaligus

Apa aja sih acara yang biasa ada di museum? 

Wah, macam-macam. Museum sebagai tempat publik biasanya menyelenggarakan atau mengakomodir berbagai acara, kebanyakan acara-acara yang menggabungkan main, belajar, dan berpetualang sekaligus. Kebayang serunya gak? Nah, Muzer mau bahas 7 acara asyik yang bisa kamu temui di museum. Apakah kamu tahu ke-7 acara ini?

Keliling museum alias tur

Nah, ini acara museum paling wajib yang dimiliki tiap museum! Pada umumnya, museum menyediakan layanan pemandu buat keliling museum alias tur untuk pengunjung (salah satunya, Museum Wayang). Kamu tinggal menghubungi museum yang akan kamu kunjungi dan memesan layanan pemanduan. Banyak museum yang menggratiskan layanan ini loh! Tur kamu di museum jadi makin menyenangkan, deh!

Jalan-jalan bareng sekolah alias studytour

Selain memesan tur sendiri, museum juga sering kebanjiran permintaan tur dari sekolah. Wah, siapa yang nggak suka jalan-jalan bareng teman satu sekolah? Study tour dari sekolah juga kegiatan yang paling umum, hampir semua museum bisa mengakomodirnya. 

Acara komunitas 

Beberapa museum membolehkan masyarakat menyewa ruangan mereka. Nah, sewa ruang ini sering dimanfaatkan berbagai komunitas untuk menggelar acara mereka. Contohnya, Komunitas Solo Tempo Doeloe yang membuat pameran di Monumen Pers Nasional dan Komunitas Mobil Suzuki yang pernah membuat jambore di Museum Purna Bhakti Pertiwi, Komunitas Banteng Muda menyelenggarakan acara anak di Museum Nasional, dan lainnya.

Banyak juga komunitas yang berhubungan dengan museum seperti Komunitas Pecinta Budaya dan Museum Indonesia, Malam Museum, Sahabat Museum, dan Komunitas Historia Indonesia. Acaranya pasti museum banget dan seru! Kamu bisa cek media sosial masing-masing komunitas untuk tahu acara museum apa yang akan mereka selenggarakan dalam waktu dekat. 

Acara keluarga

Selain acara komunitas, banyak pula acara yang bisa diikuti keluarga di museum. Kamu bisa mencari di berbagai platform aktivitas anak, atau ikuti acara yang diselenggarakan berbagai lembaga dan yayasan yang berkaitan dengan keluarga. Salah satu contohnya Festival Dongeng Internasional Indonesia, yang pada 2019 lalu menggelar perayaan tahunan ini Museum Nasional. Festival ini berlangsung selama beberapa hari dengan banyak panggung dan ruangan-ruangan untuk dongeng dan aktivitas anak, loh! Jadi kamu bisa ikut mendengarkan dongeng dan panggung boneka sekaligus main di berbagai kelas yang disediakan. Eh, jangan lupa juga keliling museumnya ya! Sayang sekali kalau udah meluangkan waktu datang ke museum tapi nggak sempat menikmati isi musueumnya.

Acara pelajar dan mahasiswa

Peserta Seminar

Acara yang berhubungan dengan pendidikan atau akademik juga cukup sering diselenggarakan di museum. Seminar, diskusi, dan pelatihan yang dibuat oleh atau untuk pelajar dan mahasiswa biasanya difasilitasi museum. Tinggal sesuaikan temanya saja. Sebagian besar dari acara-acara seperti ini gratis loh! Kamu tinggal datang dan menyimak. Dapat ilmunya, sekaligus bisa main di museum!

Festival budaya

Kalau festival budaya, biasanya lebih sering jadi acara museum di daerah-daerah yang semarak oleh berbagai festival kebudayaan. Misalnya, Festival Budaya Sunyaragi di museum-museum Cirebon, Festival Ranggawarsita di Museum Ranggawarsita Semarang, dan lainnya. Kalau di Jakarta, kamu bisa menemukan lebih banyak festival, biasanya di Taman Mini Indonesia Indah, Kawasan Kota Tua, atau Museum Nasional.

Tur interaktif dengan Muzer!

Nah, selain acara-acara di atas, kamu juga bisa minta acara yang dibuatkan khusus untukmu alias sesuai dengan kebutuhan dan minat kamu. Muzer siap bikin acara museum spesial buatmu biar bikin keliling museum jadi makin asyik! Siap untuk lihat acara apa aja yang bisa Muzer buatkan untukmu?


Sumber ilustrasi: Unsplash, Pexels

Baca juga:

1 thought on “Acara Museum: Serunya Main, Belajar, dan Eksplor Sekaligus”

Leave a Comment